Sunday, May 26, 2013

Belajar Bisnis dengan Cara Praktis bersama ArryRahmawan.net

Strategi Pemasaran dengan Social Media

Kemarin saya mendapatkan kesempatan untuk mengisi kuliah tamu di Universitas Indonesia Esa Unggul tentang bagaimana memanfaatkan social media untuk pemasaran yang lebih efektif. Dalam kesempatan ini saya mencoba untuk berbagi tentang mengapa adopsi social media semakin penting pada saat ini, kesalahan apa yang sering dilakukan marketer terkait pemasaran social media, dan contoh-contoh sukses bagaimana social media digunakan untuk memperkuat brand dengan biaya yang murah bahkan gratis. Adanya social media, memungkinkan kita untuk menyebarkan banyak sekali promosi terhadap produk kita. Tetapi, kenapa di satu sisi ada yang penjualannya meningkat, namun di sisi lain penjualannya tetap dan bahkan semakin turun?
Tulisan kali ini meringkas materi kuliah umum tersebut dan juga saya sertakan slide nya agar bisa dipelajari.

Why Using Social Media?

Saat ini, penggunaan social media menunjukkan peningkatan yang terus signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Namun tetap Facebook adalah platform yang paling banyak digunakan di Indonesia, diikuti dengan Twitter, LinkedIn, kemudian Instagram.
Pengguna social media Indonesia umumnya sudah cukup nyaman dengan Facebook dan Twitter saja. Fokus pemasaran dengan menggunakan dua platform ini tidak masalah sebenarnya. Namun diprediksikan platform lain akan segera menyusul dan berkembang pesat, terutama yang memberikan fitur-fitur menarik. Oleh karena itu, jika Anda belum familiar dengan platform seperti LinkedIn, Google+, Instagram, Path, Pinterest, Youtube, Slideshare, Scribd, tidak ada salahnya belajar menggunakan itu sekarang karena platform ini akan sangat bermanfaat untuk memasarkan bisnis Anda di masa yang akan datang.
Contohnya, saya menggunakan slideshare untuk berbagi slide-slide yang saya gunakan dalam pelatihan, training, atau kuliah tamu yang saya bawakan. Total saya memiliki ratusan yang masih antri untuk saya upload, tahukah apa yang terjadi? Slide saya banyak didownload, direkomendasikan, dan tidak jarang justru mengundang tawaran proyek-proyek prestisius. Anda juga bisa mencobanya!

Jebakan Social Metrics

Sebagai seorang marketeers, tentu kita perlu untuk memiliki tolak ukur dan parameter apakah strategi pemasaran menggunakan social media kita berhasil. Untuk studentpreneur, umumnya terjebak menggunakan parameter umum seperti jumlah follower atau jumlah fans di fanspage nya. Salah? Tidak. Namun kita perlu mengembalikan kembali arti pemasaran adalah untuk memastikan bahwa sales kita meningkat bukan? Maka di sini kita tidak hanya perlu follower atau fans, tetapi berapa besar tingkat interaksi, engagement rate, dan conversion rate terhadap penjualan.
Istilah – istilah ini sederhana untuk dipelajari dan sudah saya sertakan juga slide nya. Jika berminat, saya bisa berbagi ke tempat Anda terkait bagaimana pemasaran dengan menggunakan social media ini.



 Silahkan kunjungi di sini untuk melihat slide show dari Ari Rahmawan :
http://www.slideshare.net/slideshow/embed_code/21388434#

Semoga tulisan ini bermanfaat. Apa komentar Anda?
Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan
*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!
http://arryrahmawan.net/ 

 

No comments:

Post a Comment