Sunday, May 19, 2013

Usaha Mandiri Modal Kecil

memulai_bisnis
Di tengah persaingan berebut lapangan pekerjaan, semakin banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki modal untuk memulai sebuah bisnis. Jika seseorang dengan kondisi tersebut jangan dulu mengeluh, masih banyak memulai usaha yang dilakukan tanpa modal.

Kekurangan modal atau tidak ada modal memang sering terjadi dalam memulai bisnis. Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya masalah modal bukanlah kendala utama seseorang dalam meraih sukses. Masalah modal sebenarnya lebih mudah diatasi.

Kendala utama lain yang lebih sering menghalangi orang untuk memulai bisnis adalah ketidaksiapan mental. Karena itu, sebaiknya sebelum memulai bisnis Anda harus mempersiapkan mental sebagai seorang pengusaha.

Lalu, bagaimana dengan masalah modal? memang semua bisnis selalu membutuhkan modal, baik sedikit atau banyak. Namun, sebenarnya modal itu hanya masalah dari mana Anda mendapatkan modal tersebut. Modal bisnis tidak harus dari kantong Anda sendiri. Ada banyak cara untuk mendapatkan modal, antara lain melalui pinjaman, kerjasama, penawaran saham kepimilikan dan sebagainya.

Ketika seseorang mengeluh tidak memiliki modal dan berhenti berusaha, maka ia tidak akan beranjak kemanapun. Teliti melihat peluang dan berani berusaha dan bekerja dapat menjadi sebuah titik balik menuju kesuksesan anda dalam berbisnis.

Telah banyak orang yang sukses secara finansial dan memulai usaha tanpa modal. Modal yang dimiliki hanya kemampuan melihat peluang serta keberanian dan kemampuan bekerja keras memanfaatkan peluang yang ada.

Adapun hal termudah yang dapat dilakukan sebagai sebuah usaha tanpa modal adalah menjadi marketer atau pemasar. Sebagai contoh, bekerja sama dengan industri kecil atau rumah tangga yang telah berproduksi secara rutin dapat menjadi pilihan. Dengan kemudahan teknologi, setiap orang dapat menjalankan bisnis pemasaran tanpa harus memproduksi sesuatu barang.

Dengan memaksimalkan internet sebagai mendia pemasaran dapat menjadi strategi sederhana dan sekaligus murah namun dapat menjadi sangat efektif karena jangkauan internet yang luas. Menjadi seorang marketer online dapat dimulai dengan meriset dan memilih produk yang dipasarkan serta memetakan pasar. Setelah kedua hal tersebut dilakukan, langkah yang efektif hanya memaksimalkan paparan informasi mengenai produk ke target pasar Anda.

Binis makanan,adalah sebuah usaha yang bisa dijalankan siapa saja.tetapi yang perlu anda ketahui adalah,
Bergerak dalam usaha makanan membutuhkan pengetahuan tentang daya tahan sebuah produk karena makanan memiliki daya tahan yang lebih pendek dari produk-produk jenis lain.
Persaingan yang ketat bisa menjegal usaha Anda. Untuk mencegah ini terjadi, miliki suatu cita rasa unik dan kualitas yang tinggi dalam olahan bisnis makanan Anda. Berbagi hasil dengan sesama pedagang juga bisa menjadi solusi untuk tetap bisa melanggengkan usaha. 

Langkah-langkah persiapan:
  1. Dapatkan modal yang dibutuhkan.
  2. Ketahui cara pengolahan yang memenuhi selera konsumen.
  3. Siapkan peralatan dan tempat mengolah.
  4. Rekrut tenaga untuk membantu jika dana mencukupi. Jika tidak, pastikan Anda bisa mengurus semua sendiri 
Langkah-langkah realisasi:
  1. Dapatkan bahan baku  yang berkualitas prima dan segar.
  2. Latihlah tenaga kerja yang Anda miliki untuk bisa menghasilkan produk seperti yang Anda inginkan.
  3. Miliki sebuah sistem pemesanan yang terorganisir.
  4. Distribusikan melalui berbagai warung atau toko makanan di sekitar Anda.

Langkah-langkah promosi dan marketing:
  1. Tawarkan ke pemilik warung makan, rumah makan, restoran , dan sebagainya.
  2. unakan kemasan yang menarik sehingga konsumen tertarik.
  3. Dalam memenuhi pesanan, usahakan untuk tepat waktu dan memuaskan.
  4. Berikan potongan harga jika konsumen bersedia membeli dalam jumlah minimal yang telah Anda tentukan.
 
Menentukan Harga Jual Produk Anda 

 Jika bisnis Anda menjual barang atau produk, Anda perlu mengatur harga sehingga bisnis Anda tetap kompetitif dan membuat keuntungan. Menentukan harga melibatkan biaya operasional, kompetisi, ukuran bisnis Anda, kondisi pasar dan tingkat keuntungan yang diinginkan. Perencanaan yang matang dapat membantu keberhasilan peluncuran produk secara keseluruhan dan bisnis Anda secara umum.

price1011Ketika tujuan utama Anda adalah menutupi biaya sekaligus pendapatan bisnis Anda, menentukan harga adalah tugas yang sulit. Ada beberapa metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menentukan harga produk Anda. Sebagai contoh, harga yang kompetitif ialah menetapkan harga dengan melihat harga produk pesaing Anda. Menurut Entrepreneur.com, dengan harga kompetitif yang paling tepat ketika ada harga pasar yang ditetapkan untuk barang atau ketika produk atau layanan yang praktis sama Anda akan memenangkan kompetisi.

Selain itu, Anda dapat menggunakan metode markup. Markup adalah jumlah yang ditetapkan atau persentase yang ditambahkan ke biaya produk. Ketika bisnis menentukan biaya untuk menghasilkan produk, dan kemudian menambahkan dalam markup produk tersebut, hasilnya adalah harga jual. Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor kunci pertimbangan, seperti markup yang diinginkan, biaya produk, dan pasar itu sendiri.

Biaya bervariasi dalam bisnis. Secara umum, faktor dalam semua biaya yang terkait dengan item seperti biaya tenaga kerja, overhead, biaya penyimpanan, pemasaran dan biaya variabel lainnya. Sebelum Anda mendapatkan faktor dalam harga markup, Anda harus mengetahui total biaya yang dibutuhkan untuk melemparkan produk ke pasar.

Sebagai gambaran mudahnya, Anda dapat menentukan harga jual dengan menggunakan rumus berikut: Total biaya dikalikan dengan satu ditambah markup persen. Jika biaya total untuk memproduksi satu produk adalah Rp 5.000 dan Anda ingin memperoleh keuntungan 30 persen, harga jualnya: 5.000 x (1 + 0,30), atau Rp 6.500 per produk.
 
 


Pentingnya Riset Pasar untuk Bisnis Anda  


risetpasar
Sebelum menghabiskan rupiah pertama untuk memulai usaha kecil, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Usaha kecil cenderung memiliki modal awal yang kecil dan biasanya fokus pada konsumen yang terbatas secara geografis.

Sebuah usaha kecil biasanya dimulai dengan sebuah ide yang tumbuh sampai seseorang merasa perlu untuk melakukan kegiatan tersebut sebagai sumber pendapatan. Untuk memastikan ide usaha Anda layak direalisasi, lakukan riset pasar untuk mencari tahu apakah ada orang lain yang menawarkan bisnis yang sama. Lakukan survei melalui telepon atau cara lain dan mencari tahu apakah ada bisnis lain yang sama.

Dengan melakukan analisis pasar pada kompetisi, Anda akan mendapatkan banyak informasi berharga. Dengan mempelajari bisnis di wilayah geografis secara langsung, pemilik bisnis dapat mengidentifikasi pasar potensial yang bisa diisi dengan usaha bisnis Anda. Memperhatikan praktik pemasaran kompetisi mengajarkan cara pemilik usaha kecil yang berbeda untuk mengiklankan di pasar yang diinginkan. Informasi ini sangat berharga untuk menghitung biaya bisnis yang realistis dan kuota produktivitas yang diperlukan.

Menganalisis pasar demografis membantu mempersempit fokus pelanggan dan fokus bisnis Anda. Produk yang dijual ke pasar umum biasanya tidak berhasil. Melakukan analisis kebutuhan pasar memungkinkan pemilik usaha untuk berkonsentrasi pada bagian pasar yang tersedia dan tidak menyebar produknya untuk berusaha memenuhi kebutuhan pasar yang tidak fokus. (*/AS)
 
 

 

No comments:

Post a Comment